Peluang Usaha Rumahan – Cara Cerdas Menambah Penghasilan

peluang usaha rumahan
Kebutuhan ekonomi saat ini memaksa masyarakat untuk memutar otak, berpikir bagaimana cara mendapat penghasilan tambahan. Kendala utama dalam menjalankan usaha tambahan/sampingan adalah masalah waktu dan modal. Mengenai waktu anda dituntut untuk bisa tetap menjalankan pekerjaan anda, tapi juga bisa menjalankan bisnis sampingan anda secara baik. Ini akan dirasa sangat mengganggu jika usaha sampingan anda menjadi lebih besar sehingga menuntut lebih banyak waktu anda. Kemudian modal, bukan rahasia lagi ketika anda memulai suatu usaha maka pasti harus ada modal baik berupa modal, SDM, dll.

Apa solusinya jika anda ingin tetap bekerja tapi bisa menghasilkan pendapatan tambahan? Jawabannya adalah menjalankan usaha rumahan. Keuntungannya adalah karena rumahan maka anda akan bisa menjalankan bisnis sampingan anda di sela-sela kesibukan pekerjaan utama anda. Bisa juga dengan mempercayakan pengelolaanya pada keluarga di rumah. Modal yang dibutuhkan pun relative kecil dan bisa anda sesuaikan dengan kemampuan anda.

Tips Memulai Usaha Rumahan

Selanjutnya jika anda sudah memutuskan akan menjalankan usaha rumahan adalah menentukan usaha seperti apa, dan bagaimana cara memulainya.

Berikut adalah tips memulai usaha rumahan yang bisa anda coba:
  1. Lihat sekeliling anda adakah produk atau jasa yang bisa anda jual. Pertimbangan juga apa keahlian anda yang mungkin bisa anda jual dalam bentuk jasa. Banyak perusahaan besar yang berawal dari usaha rumahan. Jadi hal pertama yang harus anda lakukan adalah kenali dan identufikasi kemampuan dan lingkungan anda yang bisa anda jual.
  2. Analisa Modal yang diperlukan. Buatlah catatan kecil tentang kemampuan keuangan anda yang akan anda pakai untuk memulai usaha rumahan. Sesuaikan modal yang anda miliki dengan jenis usaha rumahan yang akan anda jalankan.
  3. Rencana pengelolaan. Ini penting agar waktu yang anda habiskan dalam menjalankan usaha rumahan anda menjadi efektive dan meminimalisir modal yang keluar untuk hal yang tidak perlu. Tentunya dalam hal ini anda harus melakukan perubahan-perubahan berdasarkan apa yang terjadi ketika usaha rumahan anda sudah berjalan.
  4. Evaluasi kesiapan anda. Jika anda merasa sudah cukup siap segera eksekusi. Tidak ada keberhasilan yang terjadi hanya karena rencana yang hebat tanpa action. Intinya adalah PLAN – ACTION – ANALISA. Jika setelah di analisa ada yang anda rasa kurang rencanakan lagi perubahan yang diperlukan seperti apa, kemudian action/aplikasikan, dan analisa lagi. Lakukan terus siklus tersebut sampai anda menemukan usaha rumahan yang tepat, system yang cocok dan proses yang baik. Tentu ini akan memakan waktu dan resiko tapi percayalah, suatu hari usaha sampingan anda akan tumbuh, dan mungkin akan bergeser menjadi usaha anda.
Selain menjalankan tips diatas, harus juga anda sadari bahwa segala rencana dan usaha manusia sebagaimana pun hebatnya tidak akan pernah berhasil tanpa kehendak Tuhan. Jadi sambil anda berikhtiar berdo’a lah kepada Tuhan untuk kelancaran usaha anda. Jangan lupa juga minta restu dan dukungan orang tua terutama ibu kita, dukungan dari keluarga dan lingkungan anda.

Salam hangat

TediKusm1482
Advertisement
Artikel Menarik Lainnya
Blog ini. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © 2012-2099 Bisnis Review Indonesia - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger