Peluang Usaha Bisnis Beras Organik

Peluang Usaha Bisnis Beras Organik
Dewasa ini kita sering mendengar istilah “Back to Nature” yang artinya kembali kea lam. Ya, seiring perkembangan jaman dan teknologi memberikan dampak positif dan negative. Satu sisi kita diberikan kemudahan disegala aspek, satu sisi jika tidak bijak maka aka nada efek samping jangka panjang. Seperti halnya beras, sebagai makanan pokok dengan adanya teknologi kita dimanjakan dengan kemudahan dalam meningkatkan hasil seperti dengan penggunaan pestisida untuk hama, serta zat-zat kimia lain yang dimaksudkan untuk meningkatkan hasil pertanian beras. Dampaknya pada jangka pendek hasil produksi pertanian menjadi meningkat pesat, tapi pada jangka panjang hal ini memberikan dampak negative pada kesehatan peng konsumsi beras tersebut, dan juga merusak struktur tanah yang akan semakin tidak subur.

Karena hal inilah maka timbulah kesadaran untuk kembali berdamai dengan alam yaitu dengan mengkonsumsi beras organik. Beras organik adalah beras yang dihasilkan dari budidaya pertanian organik tanpa pestisida dan kimia sehingga menghasilkan beras yang sehat dan aman untuk kesehatan. Di negara-negara maju trend mengkonsumsi produk-produk organik termasuk beras organik. Dari tahun ke tahun permintaan beras organik meningkat secara pesat. Dengan meningkatnya kebutuhan akan beras organik inilah yang dilirik para pelaku usaha sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Keuntungan mengkonsumsi beras organik
  • Bebas dari pupuk kimia dan residunya.
  • Bebas Pestisida / Racun Kimia Sintetik yang mengakibatkan bahaya akan kesehatan.
  • Bebas Dari Bahan Pengawet Dan Pemutih.
  • Memperbaiki Metabolisme Tubuh Serta Memperbaiki & Membantu regenerasi Sel-sel Tubuh Secara Alami.
  • Mencegah Berbagai Penyakit.
  • Mencegah Pembentukan Kolesterol berlebih Dalam Tubuh.
  • Rasa nasi lebih Enak, lebih pulen dan lebih berserat
  • Mengandung Kadar Gula Yang Sangat Rendah (indeks glikemik < 55) Sehingga Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes Dan Sangat Baik Untuk Mereka Yang Sedang Menjalani Program Diet. Bahkan Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Bagi Mereka Yang Menderita Kolesterol Tinggi Dan Penderita Autis.
  • Rasa Dan Aroma Nasi Lebih Segar, Warna Putih Bersih Alami Dan Tidak Cepat Basi (dalam 48 jam) Tanpa Perlu Disimpan Dalam Lemari Pendingin. Hal Ini Terjadi Karena Tidak Ada Proses Pengasaman Oleh Kandungan Residu Pestisida Dan Pupuk Kimia Seperti Yang Sering Terjadi Pada Beras Non organik .

Analisis Peluang usaha beras organik

Peluang usaha beras organik terbuka lebar dengan pangsa pasar dalam dan luar negeri. Pemain usaha beras organik masih relative sedikit dengan jumlah permintaan yang terus meningkat. Selain itu harga yang ditawarkan beras organik sangat tinggi dan pastinya juga keuntungan yang tinggi pula. Jumlah permintaan beras organik bisa kita lihat pada table dibawah ini:
Tabel. Proyeksi Produksi dan Pasar Padi Organik di Indonesia (Kuintal)

Selain itu data di WTO menunjukan kenaikan yang sangat signifikan akan kebutuhan beras organik. Pada tahun 2000-2004 jumlah perdagangan beras organik dunia mencapai 17,5 Miliyar $, dan pada tahun 2010 meningkat pesat ke angka 100 Miliyar $. Wow lonjakan yang sangat fantastik !!!

Di dalam negeri sendiri kebutuhan akan beras organik juga meningkat dari tahun ke tahunnya. Hal ini bisa dilihat dengan munculnya gerai-gerai baru, supermarket dan banyak usaha retail besar yang menjual beras organik. Bahkan ada gerai yang menyajikan makanan cepat saji yang dalam waktu kurang dari setahun bisa membuka cabang di hamper seluruh kota besar di Indonesia. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat akan kesehatan yang meningkat serta keunggulan dari segi rasa dan manfaat yang mendongkrak kepopuleran beras organik.

Setujukah anda bahwa peluang usaha bisnis beras organik ini sangat menguntungkan?




Advertisement
Artikel Menarik Lainnya
Blog ini. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © 2012-2099 Bisnis Review Indonesia - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger